Rabu, 28 November 2012

MATERI PENJASKES KELAS XI SEMESTER 1

PENYAKIT AIDS

A.Sejarah Singkat Penyakit Aids
AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Sindrome,yaitu suatu penyakit yang disebabkan oleh virus HIV(Human Immunodeficiency virus). Penyakit ini bukan merupakan penyakit keturunan. Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh (immune system),yaitu sistem pertahanan alami tubuh terhadap serangan organisme patogen. Penyakit ini mengakibatkan berkurangnya kemampuan tubuh dalam memerangi tubuh.
sampai saat ini penyakit AIDS masih menjadi ancaman terbesar bagi kesehatan penduduk dunia. Proses penularannya begitu cepat dan belum ada obat yang dapat menahan laju perkembanan AIDS dalam tubuh atau pembunuhnya sama sekali. Penyakit AIDS pertama kali ditemukan oleh Michael S.Gottlieb dan Federick P.Siegal,imunolog yang merawat aktor kondang yang meninggal karena AIDS, Rock Hudson.

B.Penderita AIDS Di Dunia 
Berdasarkan data radi bahan badan kesehatan dunia WHO(World Health Organization), sampai pada akhir tahun 2000 penderita HIV sudah mencapai 30 juta orang dan mereka sekaligus menjadi pembawa (carrier). Para pembawa virus ini akan menularkan kepada orang lain melalui kontak seksual,tranfusi darah, dan hubungan prenatal dari ibu ke anak yang dikandungnya.
Jumlah penderita AIDS sampai saat ini paling banyak di benua Afrika,Amerika,dan Eropa.Sementara, di Asia paling banyak di India dan Thailand.Khusus di Indonesia,penyakit AIDS pertama kali ditemukan pada tanggal 5 April 1987 di Bali dari seorang wisatawan Belanda.Sementara sampai sekarang penyebaran penyakit AIDS di Indonesia khususnya di kota-kota besar sudah hampir merata.

C.Masa Inkubasi Virus HIV
Masa Inkubasi virus HIV selama tubuh penderita belum dapat dipastikan secara jelas,namun pada umumnya berkisar antara 6 bulan sampai 5 tahun.Pada anak-anak,masa inkubasi umumnya lebih pendek daripada orang dewasa (2-24 bulan). Hal ini di mungkinkan karenakekebalan tubuh anak belum sekuat orang dewasa.

1 komentar: