Rabu, 28 November 2012

MATERI PKN KELAS XI SEMESTER 1

A.BUDAYA POLITIK

1.Pengertian Politik
    Istilah politik berasal dari bahasa Yunani yaitu kata polis yang berarti negara atau kota.Segala aktivitas atau kegiatan yang dijalankan oleh polis untuk kelestarian dan perkembangan disebut politeke techne(politika).Dalam kehidupan bernegara politik diartikan sebagai ilmu atau seni untuk mencukupi dan menyelenggarakan keperluan maupun kepentingan bangsa dan negara.Dalam bahasa inggris,politik diartikan sebagai suatu rangkaian asas kaedaan,cara dan alat yang digunakan untuk mencapai cita-cita atau tujuan tertentu.Jadi segala yang menyangkut kegiatan kenegaraan dalam mencapai tujuan atau cita-cita bernegara merupakan kegiatan politik.
Berikut pendapat para ahli tentang pengertian politik:
a.Joyce Mitchel:politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijakan untuk masyarakat atau melalui cara umum.
b.Roger F.Soltau:ilmu politik mempelajari negara,tujuan negara,dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu.
c.max waber:politik adalah ikhtiar untuk mendapatkan andik kekuasaan,bisa terjadi dalam suatu negara atau kelompok-kelompok manusia yang tercakup di dalamnya.
d.prof.miriam budiarjo:politik merupakan bermacam-macam kegiatan yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu.tujuan yang di maksud adalah tujuan masyarakat dan bukan tujuan pribadi seseorang.selain itu,politik juga menyangkut kegiatan berbagai kelompok,termasuk partai politik dan kegiatan perorangan.
e.eristoteles:setiap polis atau negara adalah asosiasi.setiap kali berhadapan dengan politik,kita menemukan hubungan khusus antara manusia yang hidup bersama.dalam pergaulan sosial,manusia mempunyai peradaban-peradaban individu.peradaban tersebut bergantung pada kuat atau lemahnya kepribadian individu yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar