Rabu, 28 November 2012

MATERI B.INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1

Paragraf Induktif dan Deduktif

1.Paragraf Induktif
Paragraf induktif dimulai dengan uraian atau rincian hal-hal yang khusus.kemudian,uraian disimpulkan pada akhir paragraf. kesimpulan merupakan hal yang bersifat umum. Paragraf induktif disebut juga paragraf pengembangan khusus-umum.
contoh paragraf induktif:
          Kawasan Gunung Ciremai di Kuningan dan Majalengka mengalami penggundulan hutan. selain itu, dikawasan tersebut terjadi aktivitas penambangan material.Penggundulan hutan dan aktivitas penambangan material di kawasan Gunung Ciremai menyebabkan jumlah mata air semakin menyusut.Akibatnya,ratusan ribu pelanggan air PDAM di Cirebon terancam tidak mendapatkan pasokan air bersih.

2.Paragraf Deduktif
Paragraf Deduktif dikembangkan mulai dengan menuliskan gagasan utama atau pikiran utama pada awal paragraf sebagai data yang umum,lalu dijabarkan dalam beberapa pikiran penjelas sebagai sesuatu yang khusus. Paragraf deduktif disebut juga paragraf pengembang umum-khusus.
contoh paragraf deduktif:
           Organisasi Wahana Lingkungan Hidup (WLH) Kabupaten Tanjungsari mengadakan kampanye penyelamatan hutan.Kampanye penyelamatan hutan tersebut dikemas dengan menarik.Dalam melakukan kampanye tersebut,WLH bekerja sama dengan seniman dari berbagai daerah.Para seniman menampilkan teatrikal untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kerusakan lingkungan dari hari ke hari semakin parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar